Sepeda Motor Yang Pertama Kali Diciptakan !


Motor adalah alat transportasi yang banyak sekali penggunanya, cocok digunakan di perkotaan yang sangat padat dan sering macet. Selain itu motor juga lebih hemat bahan bakar. Tapi banyak yang belum tahu tentang sejarah motor . Tahukah Anda tentang motor pertama di dunia?

Sepeda motor bermerek Hildebrand and Wolfmuller buatan tahun 1894 yang merupakan sepeda motor pertama di dunia dan salah satu motor tertua yang saat ini masih ada.

Hildebrand and Wolfmuller merupakan sebuah sepeda motor yang telah diperkuat mesin twin-cylinder, water-cooled, four-stroke yang dikembangkan oleh dua orang yang masih bersaudara yakni Henry dan Wilhelm Hildebrand.

Untuk membangun motor ini, keduanya pun berkolaborasi dengan Alois Wolfmuller dan mekaniknya Hans Geisenhof untuk membangun sebuah motor berkapasitas mesin 1488 cc yang memiliki tenaga sebesar 2.5bhp.

Setelah dipatenkan pada Januari 1894, mesin penemuan mereka itupun juga segera dilisensikan di Prancis sebagai La Petrolette.

Namun produksi motor Hildebrand and Wolfmuller terpaksa harus berhenti pada 1897. Diperkirakan hanya ada 800 motor Hildebrand ad Wolfmuller yang saat itu berhasil diproduksi.

Setelah berhenti produksi, mesin motor dijual ke sebuah keluarga Amerika dan terakhir digunakan di jalan di tahun 1930-an.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel