Inilah Penyebab Anda Sering Merasa Lapar !


Seseorang mengalami sebuah kondisi dimana selalu menginginkan makan terus ataupun sering lapar bisa mengakibatkan berbagai hal yang tentu kurang baik bagi kesehatan. Terlalu sering makan tentu pola makan Anda jadi tidak teratur, dengan begitu hal-hal yang tidak diinginkan seperti : obesitas, diabetes, dll akan sangat mudah menyerang kesehatan Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dengan penyebab utama jika keseringan lapar.

Makan banyak bukan berarti orang tersebut rakus, bisa juga dikarenakan ada gangguan dari dalam tubuh Anda. Salah pilih makanan pada waktu sarapan, kurangnya tidur, dan gangguan mental / perilaku bisa juga menjadi penyebab keseringan lapar. Jadi sebaiknya jangan asal tuduh jika rekan ataupun siapa saja yang sering mengeluh karena sering lapar. Mungkin ini penyebabnya :
Penyebab Terjadinya Keseringan Lapar
Inilah Penyebab Terjadinya Keseringan Lapar, cepat lapar, program diet

1. Kurang Tidur
Sebuah penelitian di jurnal SLEEP edisi November 2012 menunjukkan bahwa kurang tidur bisa meningkatkan produksi ghrelin atau hormon pemicu rasa lapar sekaligus meningkatkan pelepasan hormon rasa kenyang yang disebut GLP-1. Jenis kelamin juga mempengaruhi mekanisme ini dan pengaruhnya lebih besar pada laki-laki dibanding perempuan.

    2. Sedang Galau
    Ilmu kedokteran gizi mengenal istilah emotional eating, yakni perilaku makan berlebih yang tidak dipicu oleh rasa lapar tetapi stres dan kegelisahan karena sedang banyak pikiran. Bahkan diperkirakan dari semua kasus makan berlebih, 75 persen hanya dipicu oleh emotional eating.

3. Salah Pilih Menu Sarapan
Setiap makanan memiliki Indeks Glikemik (IG) yang menunjukkan seberapa cepat kandungan karbohidratnya dipecah jadi gula sederhana untuk dibakar jadi energi. Makanan dengan IG tinggi seperti nasi putih cepat dipecah, sehingga kadar gula darah cepat naik tetapi cepat pula habis dan membuat rasa lapar cepat muncul lagi. Sebaliknya makanan dengan IG rendah seperti gandum lebih lambat dipecah, sehingga gula darah naik perlahan dan bertahan lebih lama sehingga tidak cepat lapar.

    4. Lapar Mata
    Seseorang juga bisa cepat lapar karena mengidap compulsive overeating atau perilaku makan berlebih hanya karena tidak bisa menahan diri. Menurut penelitian, gangguan perilaku ini dialami oleh 3,5 persen perempuan dan 2 persen laki-laki dan sebagian besar memicu kelebihan berat badan (20 persen) dan obesitas (65 persen).

5. Kelebihan Hormon
Defisiensi hormon insulin yang dialami oleh para pengidap diabetes mellitus bisa menyebabkan rasa lapar cepat datang meski sudah makan, sehingga memicu polyphagia yang artinya banyak makan. Orang-orang dengan kelebihan ghrelin atau hormon rasa lapar, juga kortisol atau hormon stres akan mengalami gejala yang sama yakni sering merasa lapar.

    6. Efek Samping Obat

    Obat-obat kortikosteroid untuk asma, obat penenang, obat jantung golongan beta bloker, antialergi dan beberapa jenis obat lainnya punya efek samping berupa peningkatan nafsu makan. Tidak heran jika setelah menjalani pengobatan karena sakit, seseorang jadi lebih doyan makan dan akhirnya jadi lebih gemuk.

Hal-hal di atas bisa menimpa siapa saja, jadi sebaiknya perhatikan beberapa hal seperti dijelaskan di atas agar tidak terlalu mengalami keseringan lapar, terutama bagi orang yang sedang menjalankan program diet. 



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel