Alasan Penyajian Kalkun Pada Hari ThanksGiving !


     Perayaan Thanksgiving mungkin tidak terlalu terkenal di Indonesia. Tetapi diluar negeri sana peringatan tentang Thanksgiving ini setiap tahun dirayakan. Mungkin jika anda pernah menyaksikan acara ThanksGiving di televisi atau film, maka anda akan melihat hidangan kalkun pada setiap peringatan ThanksGiving. Ternyata ada alasan khusus lho mengenai penyajian kalkun ini.

     Pada setiap meja makan keluarga yang merayakan Thanksgiving, pasti ada hidangan kalkun sebagai menu utamanya. Padahal sebenarnya kisah asli Thanksgiving tidak berhubungan langsung dengan unggas yang satu ini.
     Lantas kenapa kalkun selalu menjadi hidangan utama saat perayaan Thanksgiving? Simak penjelasannya seperti yang dilansir dari Boldsky berikut ini.

Sejarah Thanksgiving
     Thanksgiving pada dasarnya merupakan festival asli Amerika sebagai perayaan panen para suku Indian Merah. Sementara kalkun sendiri tidak begitu populer di kalangan penduduk Amerika. Mereka lebih sering berpesta dan menikmati ikan cod dan babi hutan karena pada dasarnya penduduk tersebut adalah pemburu.

Cerita Ratu Inggris
     Sementara itu, suatu malam Ratu Elizabeth I sedang berpesta karena merayakan kemenangan atas tenggelamnya armada Spanyol yang akan menyerang kerajaan Inggris. Ratu pun mengadakan pesta dan menghidangkan masakan angsa liar yang pada waktu itu hampir bersamaan dengan momen Thanksgiving di Inggris. Sejak saat itu, angsa pun dianggap sebagai unggas pembawa keberuntungan di Inggris.

     Ketika salah seorang mantan prajurit mendarat di Amerika, sayangnya tidak angsa yang ditemukan olehnya. Namun kemudian sang prajurit melihat kalkun yang dianggap mirip sebagai pengganti angsa. Jadi orang Inggris membawa legenda mereka dan menjadikan kalkun sebagai hidangan utama dalam perayaan Thanksgiving sejak saat itu.

Kalkun dan Thanksgiving

     Thanksgiving merupakan festival keluarga dan ritual utamanya adalah seluruh keluarga yang berkumpul dan menikmati makan malam bersama. Penggunaan kalkun sebagai menu utama pun dianggap cocok karena porsinya besar dan cukup dinikmati banyak orang. Sebab ayam porsinya sangat kecil, sementara angsa jarang dijumpai, dan domba dinilai terlalu banyak.

     Selain itu, kalkun biasanya lahir pada pertengahan musim semi (sekitar bulan Maret) dan memakan waktu sekitar sembilan bulan untuk mencapai masa dewasa. Sehingga daging kalkun yang dinikmati saat Thanksgiving akan terasa sangat lezat.

     Itulah sebab kenapa kalkun menjadi hidangan utama saat perayaan Thanksgiving. Apakah Anda juga pernah menikmati daging unggas tersebut?


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel