Inilah Gejala Awal Menopause ( Penting ! )


     Menopause menjadi fase yang dialami wanita di usia senja di mana hal ini menandai berakhirnya periode haid wanita. Lantas, seperti apa gejala menopause yang dialami kaum hawa tersebut?

     Banyak wanita di usia 40-an mengeluhkan sering berkeringat, muncul rasa panas dari dalam tubuh atau sering cemas. Anda tidak perlu panik, mungkin Anda sedang mengalami pre-menopause atau gejala sebelum mengalami menopause.

     Menopause bukanlah sesuatu yang perlu Anda takutkan. Ini merupakan siklus alami dari seorang wanita. Saat menopause, biasanya Anda akan berhenti mengalami menstruasi. Dan menjelang menopause tersebut, akan muncul gejala yang membuat tubuh Anda tidak nyaman akibat dari perubahan hormon yang drastis, demikian yang dilansir Healthmeup.

     Ada beberapa gejala umum yang biasanya muncul sebelum Anda mengalami menopause, di antaranya perubahan siklus atau periode menstruasi, hot flashes atau sering merasa panas dari dalam, dan berkeringat berlebihan, gangguan tidur, perubahan suasana hati, sering cemas, sakit kepala, kekeringan pada vagina, kulit, dan rambut.

     Meskipun menopause merupakan bagian dari siklus wanita, namun tidak sedikit wanita yang mengeluhkan rasa tidak nyaman dari tubuh akibat gejala menopause ini. Jika Anda sering merasa terganggu dengan hal tersebut, konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan. Pasalnya, pada beberapa kasus perubahan yang terjadi jelang menopause merupakan tanda adanya gangguan kesehatan.

Artikel Terpopuler

Arsip Artikel