Cara Merubah Emosi Menjadi Perasaan Damai !



Cara ampuh mengendalikan emosi diri menjadi selalu positif dan damai............ya begitu mendengar judulnya mungkin kita langsung berfikir kelihatannnya kok sulit ya........apa bisa ya..........pernyataan diatas adalah sangat wajar seperti saya dulu merasa sangat sulit untuk mengendalikan emosi terutama saat kondisi emosi negatif, marah, kesel, galau, bad mood atau apapun yang sedang kita rasakan, namun setelah mencoba berlatih dari membaca sebuah buku, akhirnya lambat laun emosi negatif bisa saya hilangkan. Berikut ini beberapa tips jika kondisi emosi kita sedang dalam bad mood atau negatif:

1. Air
Pada saat kondisi marah yang sangat, maka air bisa sangat membantu menurunkan tekanan emosi, sehingga mencegah hal-hal yang merugikan kita akibat marah kita, maka tipsnya adalah cepat-cepat bersentuhan dengan air, bisa cuci tangan atau kalau orang islam dengan berwudlu. Menurut teori ketika kita bersentuhan dengan air kondisi pikiran kita akan cepat menjadi "alfa state" gelombang otak kita menurun, sehingga praktis menurunkan emosi marah.

2. Syukur dan Batu Ajaib
Untuk jenis emosi negatif tapi yang bukan emosi marah, maka langsung ke langkah kedua ini yaitu mempraktekkan kata ajaib yaitu syukur, mempraktekkan syukur  secara konsisten adalah sesuatu yang gampang diucapkan tapi ternyata sangat sulit prakteknya, saya sendiri sampai saat ini masih kesulitan untuk secara konsisten dan terus menerus mempraktekkan syukur, tapi cara ini sungguh ampuh beberapa kali saya praktekkan untuk kondisi emosi bad mood sekali, seluruh emosi negatif langsung luruh seketika. Dalam Bukunya Rhonda Bryne yang berjudul The Magic dijelaskan secara rinci tentang bagimana cara bersyukur secara mendalam. Biasanya emosi negatif muncul karena kita tidak puas dengan orang, situasi, dan hasil sehingga emosi negatif muncul sebenarnya karena kita tidak bersyukur.

Bersyukur sekecil apapun terhadap hal yang bermanfaat buat kita meskipun tidak berkaitan dengan emosi negatif yang kita alami pada saat itu tetap dapat meluruhkan emosi negatif yang sedang berada dalam hati kita secara lebih cepat. Contoh misalnya kita tidak puas dengan hasil kinerja karyawan kita atau staf kita dilain sisi kita bersyukur terhadap makanan di depan kita, maka emosi negatif diatas bisa cepat luruh, teorinya tidak mungkin dalam waktu yang bersamaan ada dua emosi sekaligus positif dan negatif. Dan menurut Rhonda hanya dengan bersyukur hidup kita pasti akan ada perubahan, karena energi syukur akan menciptakan energi positif yang sama yaitu "energi mendapatkan sesuatu" caranya yaitu dengan bersyukur secara mendalam yaitu dengan mengucapkan kata ajaib Terima kasih 3x pada hal yang kita syukuri dan disertai alasana kenapa kita bersyukur dengan hal tersebut. untuk prakteknya bisa menggunakan batu ajaib sebagai pengingat atau anchoring dimana setiap pagi kita harus membaca 10 hal yang bisa di syukuri beserta alasannya dan pada malam harinya sambil memngenggam batu (sembarang batu) kita ingat-ingat kebaikan-kebaikan yang sudah kita terima sepanjang hari ini sambil mengucapkan mantra ajaib terima kasih 3x, kemudian batu diletakkan disamping tempat tidur dan pagi harinya ucapkan terima kasih 3x sambil menggenggam batu ajaib atas kemurahan tuhan memberikan hidup sampai detik ini.

3. Terima apa adanya
Untuk bisa melepaskan emosi negatif cara lainnya yaitu dengan menerima dan merasakan tanpa melakukan perlawanan terhadap emosi negatif itu, menghadirkan seluruh emosi di dalam diri kita,terima apa adanya tanpa mencoba menahannya atau melawannya adalah cara ikhlas untuk meluruhkan emosi negatif secara cepat, setelah berganti suasana emosi kita baru kita lepaskan emosi yang mengganggu tersebut. Contoh misalnya kita sedang diputus oleh pacar karena sesuatu hal, kita mungkin merasakan benci, marah, nyesel, kecewa yang bercampur aduk menjadi satu. Maka dalam teknik ini kita justru menghadirkan sepenuhnya perasaan tidak enak benci, marah, nyesel, kecewa tersebut 100% dalam diri kita tanpa melawannya dan selanjutnya emosi negatif itu pasti akan beransur-ansur luruh dan hilang dan kahirnya kita harus ikhlaskan emosi dan kejadian diputus pacar termasuk kenangan-kenangan lama kita ikhlaskan untuk pergi.

4. Dengan EFT
EFT atau Emotional Freedom Technic adalah salah satu teknik terapi baru dengan melakukan tapping di 18 titik meridian tubuh kita sambil mengucapkan "doa" tapping, informasi lebih lengkap dapat melihat penjelasannya di www.emofree.com dari berbagai pengalaman teknik ini sangat efektif, cepat dan permanen dalam penyembuhan emosi negatif

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel