Berkumur Lemonade Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok !


Perokok yang sudah putus asa mencari cara menghentikan kebiasaannya bisa mencoba cara ini. Berkumur-kumur dengan segelas lemonade bisa menjadi salah satu solusi. Lemonade merupakan minuman yang memadukan air jeruk dengan soda.

Berkumur dengan lemonade bisa membuat lidah berinteraksi dengan gula (yang dikenal glukosa), yang bisa menstimulasi otak. Gula di lidah tersebut bisa mengaktifkan sensor yang meningkatkan perhatian dan kontrol diri. Ini bisa membantu seseorang berhenti dari kebiasaan buruknya, setidaknya untuk jangka pendek.

Menurut informasi yang dikutip dari Dailymail, Jumat (9/11/2012), tim dari University of Georgia menugaskan 51 siswanya untuk mengontrol diri dengan berkumur-kumur menggunakan glukosa yang bisa meningkatkan perhatian dan energi.

Peserta diminta melakukan dua tugas. Pertama tes dari buku statistik dan kedua tugas Stroop dengan meminta siswa mengidentifikasi warna dari berbagai kata yang muncul di layar, dengan mengeja nama yang padahal bukan nama warnanya.

Tujuan tes Stroop itu untuk menghentikan kencendrungan siswa membaca kata dan lebih melihat ke warna.

Setengah siswa berkumur dengan lemonade manis dengan glukosa saat melakukan tes Stroop, dan setengah lainnya dengan lemonade yang diberikan pemanis buatan Splenda.

Hasil penelitian menunjukkan, siswa yang berkumur dengan glukosa bukan pemanis buatan, secara signifikan lebih cepat dalam menanggapi warna daripada kata-kata.

Profesor Leonard Martin, dari University of Georgia, mengatakan peneliti berpikir minum glukosa memberikan energi untuk mengontrol diri. "Setelah uji coba ini, tampaknya glukosa merangsang sensor karbohidrat sederhana pada lidah".

"Pada gilirannya, sinyal di pusat motivasi otak yang berhubungan dengan tujuan pribadi terwakili. Sinyal ini memberitahukan tubuh untuk memperhatikan," ungkapnya.

Peserta butuh tiga sampai lima menit melakukan tes Stroop, untuk menunjukkan ukuran kontrol diri, tapi pencuci mulut dengan glukosa tidak mungkin cukup untuk memecahkan masalah besar dalam mengendalikan diri seperti menurunkan berat badan atau merokok.

"Penelitian ini belum jelas tentang efek berkumur dengan glukosa untuk mengendalikan diri dalam jangka panjang," ujar Profesor Martin.

"Jadi, jika Anda mencoba untuk berhenti merokok, dengan berkumur lemonade mungkin tidak bisa sembuh total, tapi itu pasti bisa membantu Anda dalam jangka pendek".(Melly Febrida/MEL)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel