Penyebab Detak Jantung Sering Terasa Cepat !


Penyebab Detak Jantung cepat

Tahukah Anda? Detak jantung yang normal pada orang dewasa adalah sekitar 60 hingga 100 degupan per menit. Jantung yang sering berdegup lebih dari 100 detak per menit disebut dengan tachycardia. Gangguan kesehatan ini terjadi karena adanya gangguan pada dorongan elektrik dari tubuh yang biasa memberi sinyal pada jantung untuk memompa. Tentunya masalah kesehatan ini bisa mengganggu aktivitas yang dijalani karena Anda bisa  merasa tidak tenang atau cemas. Hal ini bisa dipicu oleh beberapa gangguan kesehatan seperti yang dipaparkan di bawah ini:

Penyakit Jantung

Penyakit jantung memiliki jaringan organ yang bermasalah. Inilah yang menganggu dorongan elektrik dari tubuh dalam memerintahkan jantung untuk berdetak. Biasanya detak jantung akan lebih cepat dari ukuran normal.

Tubuh Kehilangan Cairan atau Dehidrasi

Dehidrasi tak hanya membuat tubuh terasa sangat lemas, tapi juga sering memicu jantung untuk berdegup sangat cepat. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka cairan dalam tubuh akan semakin berkurang.  Hal ini dapat merusak keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda. Maka tak heran bila jantung berdetak sangat cepat dan menganggu.

Tekanan Darah Tinggi

Masalah kesehatan yang juga dikenal dengan hipertensi ini juga menjadi salah satu penyebab jantung berdegup terlalu kencang. Hal ini dikarenakan semakin sempit dan tebalnya dinding arteri. Oleh sebab itu, aliran darah akan sulit sekali melewatinya sehingga memerlukan banyak upaya. Semakin keras upaya darah melewati arteri yang terganggu tersebut maka detak jantung pun semakin cepat.

Masuknya Zat-zat yang Merugikan Kesehatan ke Dalam Tubuh

Menurut National Heart, Lung and Blood Institute, nikotin, kafein, dan alkohol dapat menganggu kesehatan jantung. Zat-zat tersebut menganggu sinyal elektrik yang memerintahkan jantung untuk berdetak. Saat terganggu, jantung pun akan berdetak lebih cepat dari biasanya.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah kesehatan ini misalnya dengan mengonsumsi makanan atau minuman bernutrisi. Anda dapat mencoba membiasakan diri mengonsumsi olahan kedelai seperti susu, tempe, dan fruit soy bar serta meninggalkan kebiasaan meminum kopi. Serat adalah salah satu kandungan kacang kedelai yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk organ jantung. Di samping itu, serat pada kedelai juga membantu menyeimbangkan tekanan darah Anda.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel