Pelihara Binatang Membuat Kesehatan Anda Prima !


Tingkah lucu dari hewan peliharaan tentunya membuat Anda merasa senang bukan? Sebenarnya tanpa Anda sadari, hewan yang dipelihara juga memberikan kontribusi kesehatan baik untuk tubuh maupun mental.

Selama lebih dari 20 tahun, hal ini sudah dijadikan penelitian untuk dipelajari dan dibuktikan bahwa binatang bisa membuat bahagia sekaligus menyehatkan tubuh. Menurut Alan Beck, seorang direktur dari Animal-Human Bond di Purdue University, adanya interaksi dengan binatang dapat meningkatkan hormon oxytocin. Hormon tersebut adalah hormon yang memberikan efek bahagia. 

Di samping itu, hormon ini juga bisa membangkitkan mood  saat Anda dilanda stres. Stres merupakan salah satu faktor yang sering menjadi penyebab kolesterol. Memelihara binatang juga dapat mencegah serangan jantung salah satunya dengan menurunkan kolesterol jahat seperti trigliserida.

Anda sedang menjalani penyembuhan setelah operasi? Anda bisa mencoba banyak berinteraksi dengan binatang atau hewan peliharaan di rumah. Berdasarkan sebuah studi di Loyola University, orang-orang yang sedang menjalani penyembuhan dari operasi membutuhkan obat tahan sakit kurang dari setengahnya dibandingkan dengan yang tidak melakukannya. 

Dengan kata lain, hewan peliharaan atau binatang dapat menjadi terapi untuk mengurangi rasa sakit. Saat Anda menyentuhnya, secara otomatis stres yang dialami oleh tubuh Anda dapat berkurang dengan seketika.

Memiliki hewan peliharaan bisa juga diartikan sebagai pendorong Anda untuk melakukan olah raga. Berolah raga dengan kucing atau anjing kesayangan akan membuat aktivitas fisik ini terasa lebih menyenangkan. Semakin rutin hal ini dilakukan maka jiwa dan raga Anda akan terasa lebih bugar. Saat Anda sudah merasa dekat dengan hewan peliharaan, maka seakan-akan hewan tersebut menjadi sahabat setia Anda terutama saat Anda merasa kesepian.

Manfaat lainnya yang bisa didapat ialah mendorong sistem imun untuk bekerja optimal. Hal ini dikarenakan berkurangnya kadar kimia berbahaya dalam tubuh, contohnya norepinephrine dan cortisol. Efeknya dapat dirasakan saat ini maupun di masa mendatang. Jadi, apakah Anda telah memutuskan untuk memiliki binatang peliharaan? Pilih hewan yang Anda sukai, dan jadikannya mahluk hidup yang bisa memberi kejenakaan yang menyehatkan. Selamat bersuka cita dengan hewan kesayangan Anda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel