6 Makanan Untuk Normalkan Tekanan Darah !


Keripik dan kue asin adalah jenis cemilan tidak sehat yang mengandung kadar sodium atau garam yang tinggi sehingga dapat menaikkan tekanan darah. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih makanan-makanan yang mengandung potassium. Potassium adalah mineral yang dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan risiko hipertensi. Potassium juga dapat membantu mengatur keseimbangan air dalam tubuh dan menormalkan detak jantung. Kekurangan potassium dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur. Potassium penting pula untuk menormalkan fungsi saraf dan otot.

Namun, khusus bagi penyandang penyakit ginjal, hendaknya menghindari makanan-makanan yang kaya akan potassium dan menghindari mengonsumsi suplemen potassium. Sementara untuk Anda yang tidak memiliki kekhawatiran akan kondisi tersebut, Anda bisa mendapatkan manfaat baik bagi tubuh Anda dari asupan potassium dalam jumlah yang tepat. Estimasi konsumsi diet yang aman dan tepat yang dikeluarkan oleh National Academy of Sciences untuk potassium adalah sekitar 1.600 sampai 2.000 mg setiap hari. Berikut makanan-makanan kaya potassium yang juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif cemilan sehat:

Kacang Putih

Setiap 100 gram white beans atau kacang putih mengandung 561mg potassium. Sedangkan 1 cangkir (179 gram) kacang putih yang sudah dimasak mengandung 1004mg potassium. Kacang-kacangan lain yang juga kaya akan potassium adalah kacang adzuki, kedelai, kacang lima, dan kidney beans.

Aprikot Kering

Per 100 gram aprikot kering mengandung 1162mg potassium. Buah kering lain yang juga merupakan sumber potassium adalah prem dan raisin.

Alpukat

Rata-rata satu buah alpukat (201 gram) mengandung 975mg potassium.

Pisang

Pisang adalah sumber potassium yang paling terkenal. Rata-rata satu buah pisang (118 gram) mengandung 422mg potassium.

Yoghurt Tawar

Per 100 gram yoghurt tawar atau plain yoghurt, Anda mendapat 255mg potassium. Yang artinya dari 1 cangkir yoghurt tawar (245 gram), Anda memperoleh 625mg potassium.

Kedelai

Dalam 100 gram kedelai terdapat 1797mg potassium. Atau, bila ingin lebih praktis, Anda bisa mendapatkan 230mg potassium dari 1 bar SOYJOY untuk memenuhi kebutuhan potassium harian Anda.

Makanan-makanan lain yang juga sarat akan potassium adalah kentang putih, ketela, dan kacang almond. Pastikan Anda mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara beragam untuk cemilan sehat Anda dengan jumlah yang tepat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel