Cara Mudah Mencuci Mobil Yang Benar !



Mobil terdiri dari dua bagian yaitu eksterior dan interior. Bagian eksterior mobil yang mudah sekali mengalami kotor seperti kotoran burung, serangga, getah pohon, dan air hujan, jika dibiarkan menempel pada bodi mobil akan mengakibatkan noda yang sulit dibersihkan.  

Apabila anda mempunyai waktu senggang untuk melakukan perawatan dengan mencuci eksterior mobil anda, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan :
  1. Hindari mobil yang akan dicuci terkena langsung oleh sinar matahari, kondisi ini dapat membuat cat mobil akan memudar. Pada pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mencuci mobil karena kondisi mobil dalam keadaan dingin (mesin) dan gunakan air tawar (PAM).
  2. Semprotkan air pada bagian-bagian yang kotor akibat debu, bila perlu gunakan semprotan air bertekanan tinggi jika anda memilikinya.  Untuk kotoran yang membandel gunakan kain khusus pembersih mobil. Semprotkan pula di bagian bawah / kolong mobil khususnya kaki-kaki mobil, setelah itu semprotkan bagian atas dan bodi mobil.
  3. Eksterior mobil terdiri dari kaca mobil, grill mobil, jendela luar mobil, dan  bumper depan – belakang mobil. Semprotkan air dengan bersih ke seluruh bagian tersebut.
  4. Setelah anda bilas dengan air secara keseluruhan eksterior mobil. Siapkan ember, kain lembut, dan shampoo mobil yang berkualitas baik untuk mobil anda, cucilah seluruh bagian mobil anda dengan shampoo tersebut agar  hasil pencucian jadi benar-benar bersih serta lapisan atas cat jadi awet.
  5. Bilas kembali dengan air bersih untuk menghilangkan shampoo yang ada di seluruh bagian eksterior mobil secara cepat dan merata. Kemudian anda harus cepat mengeringkan dengan menggunakan kanebo atau chamois, setelah itu gunakan kain microfiber pada seluruh eksterior mobil hingga kering dan bersih. Yang perlu diamati adalah bagian celah-celah pada body mobil, seperti celah antara pintu dengan body, celah antara lampu dengan body, perhatikan juga logo mobil Anda.
  6. Anda dapat melakukan penyelesaian akhir dengan memoles secara ringan dengan car wax yang banyak dijual di pasaran. Car wax dapat memberikan sedikit lapisan pelindung pada cat mobil dan terlihat mengkilap pada bodi mobil.
  7. Gunakan semir ban untuk memoles ban mobil agar ban tampak seperti baru dan awet. Keringkan pula bagian seluruh velg biar tidak mudah rusak karena berkarat.
Bila anda tidak mempunyai waktu senggang maka sebulan sekali anda dapat mencuci mobil di bengkel pencuci mobil agar kotoran yang membandel dapat hilang. Dengan demikian semua kotoran yang menempel di bagian eksterior mobil dapat hilang dan bersih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel