Dilarang Ucapkan 6 Kalimat Ini di Tempat Kerja !


Pernahkan Anda mengeluh soal pekerjaan Anda sekarang? atau pernah bergosip dengan teman sekantor? Kebanyakan karyawan pasti mengalaminya. Saat Anda mulai kesal dengan rekan kerja atau pekerjaan yang menumpuk, Anda mulai melontarkan banyak hal dari mulut Anda.

Jangan rusak reputasi Anda dengan mengucapkan pernyataan-pernyataan yang justru salah atau belum tentu kebenarannya. Ingat, diam adalah emas. Khususnya saat diam bisa menghindarkan Anda dari hal-hal yang berpotensi merusak karir Anda.

Jaga karir Anda baik-baik. Salah satu caranya adalah dengan tidak mengucapkan kalimat-kalimat berikut ini di tempat kerja :

1. "Saya nggak bisa kerja lagi. Saya sudah melakukan terlalu banyak hal"

Sering kali Anda bekerja, menghela nafas, dan mengeluh. Orang-orang profesional tak pernah melakukan itu. Para profesional selalu bertindak sebagai pemecah masalah, bukan pembuat cerita drama saat bekerja.

Di beberapa perusahaan, bisa jadi pekerjaan yang banyak dikerjakan oleh sedikit karyawan. Meskipun begitu, para atasan ingin pegawainya mampu mengelola sejumlah pekerjaannya dan bicara saat dirinya mencapai kapasitas maksimumnya.

2. "Orang itu bodoh sekali"

Jangan pernah mengatakan suatu hal yang akan Anda sesali nantinya meskipun benar adanya. Bisa jadi, orang tersebut mendapat jabatan yang lebih tinggi dari Anda nantinya.

Jika Anda seorang atasan, membicarakan orang lain di belakangnya bisa menjatuhkan kredibilitas Anda sendiri. Terbukalah pada karyawan, agar Anda dan karyawan bisa saling percaya dan kerja tim bisa tetap berjalan dengan baik. Para pegawai yang mengagumi Anda juga bisa jadi membuat reputasi Anda lebih baik.

3. "Ini nggak adil"

Kedengarannya memang tak menyenangkan tapi dalam dunia kerja, setiap orang pasti punya kelemahan dan kekuatannya masing-masing. Adil bukan berarti sama. Bisa Anda bayangkan jika perusahaan Anda punya 100 karyawan, dan demi keadilan semua orang naik jabatan di hari yang sama. Tentu saja hal tersebut tak mungkin terjadi. Semuanya bisa mendapatkan jam, lokasi dan jenis pekerjaan yang berbeda. Percayalah, dalam karir hal tersebut tetap adil, jadi lakukan saja yang terbaik.

4. "Di perusahaan saya dulu, bekerjanya nggak seperti ini"

Anda tak bisa membandingkan sistem kerja Anda yang sekarang dengan yang diterapkan perusahaan Anda sebelumnya. Karyawan lain juga akan berpikir: kalau memang perusahaan Anda sebagus itu, kenapa Anda pindah kesini? Hindari sikap arogan sat bekerja. Sampaikan gagasanmu dengan jelas dan sopan tanpa membanding-bandingkan dengan perusahaan Anda dulu.

5. "Iya. Saya simpan di meja Anda jam 3 sore ini" (Padahal Anda tahu, Anda tak bisa menyelesaikannya tepat waktu)

Jangan berjanji jika Anda tak bisa menepatinya. Atasan Anda dan karyawan yang lain juga punya deadline yang harus dikerjakan. Jika Anda telat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan yang Anda janjikan maka bisa jadi pekerjaan lain jadi kacau gara-gara Anda.

Terlebih jika Anda bicara dengan klien atau konsumen. Katakanlah yang sebenarnya daripada mengatakan yang ingin didengar konsumen, tapi kenyataannya tak sesuai. Para konsumen bisa meninggalkan Anda dan beralih ke produsen lain.

6. "Saya bosan"

Tak sedikitpun hal positif dari kalimat tersebut. Karyawan lain yang juga sibuk dengan pekerjaannya masing-masing akan merasa kesal pada Anda. Nikmatilah pekerjaan Anda saat ini dan selesaikan dengan sebai-baiknya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel