Pentingnya Orangtua Pahami Emosi Anak !


Melatih emosional anak sangat penting dilakukan sedini mungkin. Semua yang anak lakukan merupakan kebiasaan yang terbawa dari semasa kecil.

Maka melatih emosional anak merupakan hal dalam pembentukan karakter.

Pakar Neuroscience Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Dr Amir Zuhdi, mengungkapkan hal itu dalam acara Seminar Parenting yang digagas oleh PKPU bekerjasama dengan SMP Islam Al Ikhlas di Cipete, Jakarta Selatan.

Menurutnya, mendidik anak agar menjadi harapan bagi orang tua tentu harus memiliki cara -cara tersendiri. Kesalahan dalam memahami emosi anak tentu akan berakibat kepada prilaku dan kebiasaan anak tersebut.

"Banyak orang tua yang mengabaikan anak dan memberikan fasilitas yang mahal agar anak terpuaskah, padahal, anak-anak hanya butuh diperhatikan dan diberi kasih sayang," jelasnya.

Dr Amir mengungkapkan, orangtua selalu salah presepsi. Mereka beranggapan dengan memberikan segala bentuk fasilitas dan gadget yang mewah itu sudah membuat si anak bahagia.

"Padahal gadget bisa sebagai penentu terbentuknya emosi dan karakter anak," ungkapnya.

Karenanya, sambung Dr Amir amat diperlukan berbagai platihan yang ditujukan kepada orangtua yang ingi lebih memahami karakteristis emosi anak, seperti yang diselenggarakan pada hari ini.

"Pelatihan ini selain sebagai bisa menjadi pelatih emosi akan bagi orang tua juga bisa menjadi sarana untuk mengukur model seperti apa dirinya sebagai orang tua," urainya.

Ira Nurulia, Customer Relation Manager PKPU menambahkan, pelatihan ini dapat diikuti oleh umum dan juga bertujuan sebagai bentuk layanan PKPU kepada donatur, mitra sekolah dan para orang tua yang telah mendukung kegiatan PKPU selama ini.

"Semoga dengan pelatihan ini, orang tua bisa lebih mengetahui karakter anaknya dan mampu bujak menyikapi setiap perilaku anak," tambahnya.

Acara yang berlangsung selama hampir dua jam ini diikuti peserta yang berjumlah 200 orang. Mereka tampak antusia mengikuti pelatihan yang disampaikan oleh Dr Amir Zuhdi dan dipandu olah artis David Chalik.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel