Pentingnya Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini !


Menyiapkan dana pensiun? Masih muda kok harus menyiapkan dana pensiun sih? mungkin pertanyaan-pertanyaan semacam ini yang banyak muncul saat kita disuruh menyiapkan dana pensiun. Makin hari biaya hidup itu makin bertambah, kalau kita gak lagi semuda sekarang, gak lagi sekuat sekarang, makin susah buat kita untuk freelance cari kerjaan sambilan sana-sini buat nambah penghasilan.

Berikut tips mempersiapkan dana pensiun:

1) Buat List kebutuhan dan Pos pengeluaran. Dengan membuat list kebutuhan, kita bisa melihat sebenarnya pengeluaran apa saja yang benar-benar penting. Potong pos-pos pengeluaran yang bisa di pangkas.  Coba realistis dengan kebutuhan. Tidak terlalu besar yang mendorong kita jadi lebih konsumtif dan mengurangi porsi tabungan kita, tapi juga tidak terlalu kecil dari kebutuhan yang bisa berdampak gali lubang atau tutup lubang antar pos pengeluaran.

2) Tambah jumlah tabungan seiring dengan berjalannya waktu. Selain menabung rutin tiap bulan, Saat dapat bonus atau uang lebih, langsung masukkan ke dalam dana pensiun, dari pada langsung dibelanjakan. Jumlah dana yang di masukkan ke dana pensiun, baiknya juga bertambah dengan seiringnya waktu. Bila tahun pertama hanya bisa menabung dua ratus ribu per bulan, usahakan tahun berikutnya bisa menabung tiga ratus atau empat ratus ribu perbulan. Ini penting, karena dengan seiring inflasi, nilai uang akan terus menurun dari tahun ke tahun.

3) Jangan simpan di satu tempat atau satu bentuk. Ada istilah “don’t put your eggs in one basket”. Mungkin ini ada benarnya, bila terjadi sesuatu, dana pensiun kamu tidak rusak semua. Banyak alternatif investasi yang ada saat ini. tidak hanya tabungan, bisa tabungan berjangka, deposito, reksa dana, asuransi, Logam mulia atau membuka usaha. Semua punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

4) Hitung risiko. Ini pentingnya mengetahui jenis investasi yang pas. Setiap produk investasi memiliki risiko dan kemungkinan keuntungan masing-masing. Akan lebih baik, kalau bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan, atau mencari tahu lebih jauh tentang produk investasi yang di pilih, sebelum memutuskan.

Kalau kita sudah menyiapkan dana pensiun sejak dini, tentunya kita tidak ragu lagi nih pensiun muda. Tidak perlu menunggu usia 60 untuk bisa menikmati hidup dari dana pensiun kita.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel