Ikan Tanpa Sisik dan Mata Ditemukan !


Spesies ikan gua tanpa mata dan sisik kembali ditemukan. Kali ini tim peneliti dari kelompok konservasi Fauna and Flora International menemukan ikan unik itu di sebuah pulau kecil di Ha Long Bay, Vietnam.

Ikan jenis loach ini diberi nama ilmiah Draconectes narinosus yang berarti perenang handal berlubang hidung besar. Absennya mata dan sisik merupakan bentuk adaptasi umum bagi hewan yang telah berevolusi di lingkungan gelap di kedalaman gua kapur.

Seperti ikan gua lainnya, D. narinosus terbatas hidup di air tawar. Habitat ikan ini berupa danau bawah tanah di dalam gua di Pulau Van Gio dan tidak dapat berenang ke laut sekitarnya. "Sangat menakjubkan karena ikan ini dapat bertahan hidup di habitat yang kecil dan terisolasi," ujar tim peneliti.

Van Gio adalah sebuah pulau memanjang di Ha Long Bay. Lebarnya maksimum hanya 400 meter. Danau air tawar di dalam gua tempat ikan itu ditemukan terletak nyaris 200 meter dari laut.

Tim peneliti belum bisa memastikan apakah D. narinosus adalah satu-satunya spesies yang masih hidup di daerah itu. Sebab, mereka belum menemukan spesies ikan sejenis di pulau-pulau terdekat.

Draconectes merupakan genus ikan gua yang baru diidentifikasi oleh tim peneliti. Penemuan D. narinosus dijabarkan secara lengkap dalam jurnal Revue suisse de Zoologie.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel