Apakah Download Lagu Gratis di Internet Melanggar Hukum?

Dalam era informatika, kemudahan semakin banyak didapat. Orang tidak harus menunggu koran hari berikutnya untuk dapat melihat berita hari ini. Dengan adanya internet, orang bisa melihat berita yang baru saja terjadi. Kemudahan lainnya dengan adanya internet adalah kemudahan untuk donwload lagu secara gratis. Namun, ada juga situs yang download lagu yang berbayar. Yang lebih banyak diminati tentu saja situs download lagu yang gratisan. Logikanya sederhana, kalau masih ada yang gratis, buat apa pilih yang bayar?

Layanan donwload lagu gratis di internet memang memudahkan para pecinta musik untuk dapat menikmati lagu tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli lagu tersebut. Dengan adanya situs download lagu gratis, 100 hingga 1.000 lagu pun bisa didapatkan. Bayangkan jika tidak ada situs donwload gratis dan harga per lagu adalah Rp 5.000. Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan 100 lagu? Setengah juta.

Adanya situs download lagu gratis katanya dapat merugikan hasil penjualan lagu. Kalau dari segi penjualan memang benar, tapi kalau dari segi ketenaran berbeda. Katanya niatnya untuk menghibur? Itulah risiko yang harus dihadapi oleh penyanyi.

Lalu bagaimana dengan hukum di Indonesia?

Pembajakan, baik melalui internet mau pun media lainnya kalau dilihat dari hukum Indonesia memang melanggar hukum. Pembajakan sama saja penggandaan dan meanggar hak cipta bila pemilik karya tidak mengizinkan. Pelanggaran hak cipta merupakan pelanggaran hukum. Kalau Anda lihat di buku-buku cetak, biasanya dicantumkan UU tentang pelanggaran hak cipta.

Apa saya bisa dihukum karena mengunduh lagu bajakan?

Secara hukum, jawabannya ya. Tapi saya belum pernah mendengar ada orang di Indonesia dipenjara atau didenda karena mengunduh lagu bajakan di internet.

Masalah pembajakan lagu memang dapat mengurangi keuntungan dari hasil penjualan dan masalah ini dapat merugikan sebagian kecil warga Indonesia, yaitu pelaku industri hiburan. Masih ada masalah lainnya yang menyangkut seluruh masyarakat Indonesia, yaitu masalah korupsi.

Yang menjadi masalah lagi, bukan masalah lagu bajakan ilegal atau ilegal, melainkan isi dari lagu. Hal ini karena banyaknya lagu-lagu dengan lirik yang tidak senonoh, apalagi kalau didengar oleh anak-anak.

Itulah sekilas tentang pembajakan lagu di internet. Bukan cuma lagu saja, masih ada jenis-jenis file lain yang dibajak di internet.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel