Penyebab Perut Menjadi Buncit !



Memiliki masalah dengan perut buncit tentu tidak mengenakkan, selain tidak nyaman juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Masalah ini bukan hanya dikeluhkan oleh kaum hawa namun kaum adam juga banyak yang merasa terganggu dengan hal ini.

Meskipun kaum adam memiliki tubuh yang terlihat kurus, akan tetapi biasanya perut mereka juga tidak terlepas dengan masalah perut buncit. Berbeda halnya dengan kaum hawa yang mana mereka gendut cenderung mengikuti bentuk badannya.

Anda mungkin sudah banyak melakukan hal-hal untuk menghilangkan perut buncit ini, namun mungkin sedikit sekali yang berhasil melakukannya.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab perut susah ramping sehingga perut tetap setia dengan gelambirnya.  Di antara penyebab perut buncit ialah pola atau gaya hidup yang kurang sehat.

Berikut beberapa penyebab perut buncit
  1. Pola makan kurang sehat
    Kita memang selalu dituntut untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Namun, tidak sedikit dari kita yang selalu mengabaikan pesan tersebut. Kita boleh-boleh saja menyantap makanan junk food atau cepat saji yang sekarang ini marak beredar di kalangan kita. Akan tetapi, kita juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. 

    Pola makan yang salah ini lah yang sering menimbulkan masalah perut menjadi buncit, karena makanan-makanan yang kurang sehat tersebut sedikit sekali kandungan gizinya yang baik untuk tubuh. Alih-alih mendapat tubuh sehat, yang ada malah tubuh akan semakin gendut dan jauh dari ideal.

    Makanan yang sering menjadi penyebab perut buncit misalnya junk food, minuman yang banyak mengandung alkohol, atau makanan dan minuman yang banyak mengandung gas.
  2. Kurang melakukan gerakan tubuh atau olahraga
    Olahraga tidak harus yang berat-berat dan pergi ke tempat-tempat yang berbayar. Anda bisa melakukannya di rumah dan tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Misalnya ketika Anda menonton televisi gunakan waktu ketika jeda iklan untuk sit up, push up, atau lari-lari  di tempat. Sambil menunggu acara mulai, Anda juga bisa sedikit mengurangi lemak yang menumpuk di dalam perut. Jangan biarkan waktu terbuang begitu saja dengan mengemil, yang malah akan memperparah perut buncit.
  3. Bertambahnya usia
    Banyak fakta di sekitar kita yang membuktikan bahwa faktor usia menjadi masalah perut menjadi buncit. Orang-orang tua kita yang mudanya memiliki tubuh yang kurus dan terjaga, namun dengan bertambahnya umur maka perut mereka juga akan bertambah maju alias buncit. Hal ini disebabkan karena aktivitas otot yang mulai melemah namun jumlah kalori yang mereka konsumsi masih belum terkontrol.
  4. Tidur setelah selesai makan
    Memang sangat nyenyak jika kita tidur dalam keadaan kenyang. Namun, usahakan jangan tidur setelah selesai makan. Tunggu lah beberapa jam agar tubuh memiliki waktu untuk memproses makanan yang telah kita makan. Sebab jika sehabis makan langsung tidur, aktivitas pencernaan makanan biasanya tidak akan optimal yang mengakibatkan makanan susah dicerna dan akan menumpuk di dalam perut yang bisa menyebabkan perut menjadi buncit.
  5. Menunda makan
    Menunda-nunda waktu makan sangat tidak baik. Jangan biarkan perut kosong terlalu lama. Jika Anda benar-benar sibuk usahakan luangkan waktu untuk memasukkan makanan ke dalam perut Anda walaupun hanya sedikit. Sebab jika Anda membiarkan perut Anda kosong, yang ada Anda nantinya akan lebih kranjingan dan kurang terkontrol dalam menyantap makanan. Maka dari itu sesibuk apa pun Anda jangan lupa dengan yang namanya makan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel