Penyebab Bibir Menjadi Hitam !



Sama halnya dengan kulit tubuh lainnya, ternyata kulit bibir juga bisa dipengaruhi oleh hormon, yakni hormon estrogen. Hormon ini memiliki fungsi untuk membantu proses perbaikan dan regenerasi atau pergantian kulit.

Semakin bertambah usia seseorang, maka biasanya kadar hormon estrogen dalam tubuh semakin menurun sehingga regenerasi pun juga semakin melemah. Jika regenarsi sudah melemah, maka kulit akan mengalami kesulitan untuk melakukan perbaikan sehingga kulit jauh dari lembab, yang ada kulit akan tampak kering, keriput, dan kendur. Maka, pada saat seperti ini lah bibir akan tampak hitam dan kering.

Memiliki bibir yang tampak hitam memang membuat sebagian orang kehilangan rasa percaya diri. Karena mereka akan tampak lesu, pucat, dan terlihat seperti kurang terawat. Bibir menjadi hitam bisa disebabkan oleh beberapa hal, yang mungkin tidak disadari bahwa kebiasaan atau pola hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi penyebab bibir hitam.

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan bibir menjadi hitam.
  1. Merokok
    Kebiasaan yang satu ini memang sangat banyak dikeluhkan karena memiliki dampak negatif yang cukup banyak. Selain bisa mengakibatkan penyakit yang serius, ternyata kebiasaan buruk merokok bisa menjadikan bibir menjadi hitam. Hal ini disebabkan karena kandungan nikotin yang ada di dalam rokok. 

    Kebiasaan ini memang masih belum bisa dihentikan 100% di negara tercinta ini, karena akan sangat dilema sekali. Jika pabriknya ditutup berarti akan banyak pengangguran karena banyak karyawan yang di PHK, tapi jika tetap ada maka dampak negatifnya juga banyak. Waduh bikin dilema ya? Yang terpenting adalah kita menjaga kesehatan untuk diri kita sendiri, keluarga, dan orang-orang yang tercinta agar selalu menerapkan pola hidup yang sehat.
  2. Kafein
    Kandungan kafein yang ada di dalam kopi juga bisa menjadi salah satu penyebab bibir menjadi hitam. Ini bukan berarti kita harus benci dan menjauhi kopi, sebab kopi juga memiliki khasiat dan manfaatnya juga seperti untuk kesehatan dan juga kecantikan. 

    Khasiat dan manfaat tersebut tentu akan kita dapatkan jika kita mengkonsumsinya sesuai aturan. Akan tetapi, jika kita sudah kranjingan dan tidak terkontrol untuk meminum kopi, maka bukan manfaat yang akan kita dapatkan. Salah satunya adalah kita akan mendapati bibir kita lama-kelamaan akan berubah menjadi hitam.
  3. Sinar matahari
    Semua yang diciptakan di alam semesta ini sepertinya memang selalu diciptakan berpasang-pasangan. Seperti halnya tata surya matahari ini. Selain manfaatnya banyak, yakni seperti yang pernah kita bahas manfaat sinar matahari bagi kesehatan, ternyata sinar matahari juga memiliki dampak negatif. Dampak negatif ini tentu didaptkan ketika kita terkena sinarnya di waktu yang kurang tepat, yaitu ketika siang hari. Maka dari itu, jika memang Anda akan bepergian keluar ruangan usahakan untuk selalu memakai pelembab bibir agar bibir tetap terjaga dan lembab.
  4. Produk lipstik
    Memakai produk lipstik memang salah satu cara jitu dan ampuh untuk merubah agar bibir menjadi tampak merah merona. Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan ketika memakainya. Usahakan untuk selalu membersihkannya ketika selesai beraktivitas atau akan tidur. Karena pewarna bibir yang  dibiarkan menempel seharian tanpa dibersihkan bisa membuat bibir berubah menjadi kehitaman.
  5. Menggigit bibir
    Sering menggigit atau menjilati bibir memang kelihatannya akan menjadikan bibir terlihat basah dan lembab. Akan tetapi, hal tersebut tidak semuanya benar. Kebiasaan menggigit atau menjilati bibir justru akan membuat bibir akan mudah kering, sehingga akan mudah pecah dan lama-kelamaan akan menghitam. Oleh sebab itu, jika cuaca panas dan bibir terasa kering gunakan lah pelembab bibir yang cocok untuk bibir Anda.
  6. Kekurangan vitamin C
    Ini dia Vitamin yang sangat familiar di telinga kita. Vitamin C memang merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain dibutuhkan untuk kesehatan, vitamin C juga dibutuhkan untuk selalu menjaga penampilan atau kecantikan. Salah satu manfaat vitamin C untuk kecantikan ialah dapat membantu agar kulit tetap terlihat cantik, tidak terkecuali bagi kulit bibir. Maka dari itu, penuhi gizi tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti buah dan sayuran.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel