Tempat Para Kriminal Menikmati Liburan !


Bagi setiap orang tentu membayangkan sebuah penjara dengan kondisi yang gelap, sempit, dan menakutkan. Tapi bayangan itu tidak akan dapat kamu temui jika berkunjung ke sebuah penjara di Norwegia yang merupakan pulau terindah dan bahkan tidak mirip dengan penjara.

Bastoy Prison Island terletak satu jam dari Ibu Kota Norwegia, Oslo. Penjara ini berada di sebuah pulau indah yang dapat diakses dengan kapal ferry. Ketika tiba di pulau ini, pasti kamu akan melihat penjara ini benar-benar berbeda dari penjara biasanya.

Pasalnya penjara ini lebih terlihat bagai sebuah resor mewah di tengah pulau. Para tahanan yang dipenjara pun tidak terlihat seperti seseorang yang ditahan. Mereka dapat dengan bebas berjemur  di tepi pantai, memancing, bermain tenis, bahkan bersantai di sauna seperti wisatawan yang sedang berlibur.

Hal ini tentu berbeda dengan penjara pada umumnya dimana para tahanan tinggal dalam sel gelap  dan sempit. Di penjara ini mereka tinggal di penginapan-penginapan kayu yang nyaman dan dicat dengan warna-warna cerah.

Sementara itu, di penjara ini tidak memiliki pagar atau petugas yang berpatroli untuk mencegah para tahanan kabur.  Padahal tahanan yang  ada merupakan tahanan kriminal, mulai dari pengedar narkoba hingga pemerkosa dan pembunuhan. Meski penjara ini tidak memiliki penjaga,  tapi terbukti 20  persen kriminalitas di Norwegia menurun sejak adanya penjara ini. memang  terlihat bebas namun Bastoy Prison Island masih memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh tahanan.

Setiap tahanan memiliki pekerjaan yang harus dilakukan sejak pukul 8.30 hingga 15.30 , seperti berkebun, bertani, mengurus ternak, dll.  Jika ada tahanan yang mencoba kabur, mereka akan dipindahkan ke penjara lain yang lebih ketat dan masa tahanannya di perpanjang.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel