Mengintip Kehidupan Malam Mahasiswa !

Dugem di Jakarta

Dunia malam adalah dunia yang penuh dengan daya tarik. Berbagai aktivitas yang dilakukan di malam hari menjadi perhatian sebagian orang di berbagai macam kalangan, salah satunya mahasiswa.

Kehidupan malam mahasiswa adalah potret khusus yang kini menjadi bahasan menarik. Itu dikarenakan mahasiswa kali ini sangat dekat dengan kehidupan malam. Di pelataran jalan, warung kopi, bahkan ditempat hiburan malam, adalah beberapa tempat sangat diminati oleh mahasiswa. Kebanyakan kehidupan malam mahasiswa dihabiskan ditempat hiburan malam, seperti clubbing. Namun hal seperti itu tidaklah pantas karena status sebagai mahsiswa adalah mendedikasikan waktunya untuk dunia akademis dan mengimplementasikannya di kehidupan sosial.

Namun tidak sedikit juga mahasiswa yang menghabiskan waktunya untuk berdiskusi dan melakukan kajian-kajian rutin demi mengasah wawasan. Di warung kopi misalnya, banyak mahasiswa yang sekedar melepas lelah setelah seharian melakukan aktivitas kuliahnya. Namun tidak hanya itu, di warung kopi juga tidak sedikit terbentuknya kelompok belajar (diskusi).

Universitas Gang Sebelas (UNGGAS) Malang, adalah salah satu contoh komunitas belajar yang sering memanfaatkan waktunya pada malam hari untuk berdiskusi yang memanfaatkan ruang publik. Dan masih banyak lagi komunitas lain yang ada di negeri ini yang memanfaatkan tempat dan waktu yang sama. Tujuan dari terbentuknya tak lain adalah untuk mengasah potensi diri agar tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif. Sehingga secara tidak langsung bahwa kehidupan malam mahasiswa tidak keseluruhan untuk dipandang negatif.

Beberapa kalangan menilai kehidupan malam itu sarat akan pergaulan bebas, narkoba, dll. Namun disisi lain, ternyata kehidupan malam memiliki nilai positif jika kita memanfaatkannya dengan hal-hal yang positif. Seperti yang dikemukakan diatas tidak sedikit terbentuknya kelompok belajar ala warung kopi. Hal ini disebabkan atas dasar untuk memanfaatkan public sphere dalam melakukan tugas suci sebagai mahasiswa.
Oleh : Muhammad Nor Gusti
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel