Arsip Artikel

Trik Supaya Komputer Tidak Lemot !


Kali ini BlogId akan membahas tentang cara agar kinerja komputer kamu lebih cepat dan tidak lemot. Sebenarnya kecepatan dan performa komputer sangat dipengaruhi oleh spesifikasi komputer yang kita pakai. Sudah bukan menjadi rahasia lagi, dengan komputer yang memiliki spesifikasi yang bagus, kinerjanya pun akan cepat. 

Dengan kemampuan processor, RAM dan VGA yang bagus, komputer kamu pun akan sangat responsif dan cepat. Namun selain dari sisi hardware, software dan OS pun berpengaruh sekali terhadap kinerja komputer kamu. Bahkan kadangkala para pengguna komputer seringkali mengabaikan hal ini. Komputer dengan spek yang pas-pasan juga akan terasa nyaman dan cepat apabila kamu bisa mengelola komputer kamu dengan benar.

Cara agar Komputer Tidak Lemot

Berikut ini beberapa tips cara mempercepat kinerja komputer kamu:
Uninstall/hapus program-program yang tidak berguna.
Hal ini sangat penting, karena semakin banyak program yang kamu install di komputer semakin berat juga kinerja kompter kamu. Usahakan hanya install program yang berguna dan sering digunakan saja. Selain menghabiskan ruang pada harddisk kamu, program yang tak berguna akan memperlambat kinerja OS. Untuk menghapus atau uninstall program kamu bisa masuk ke Control Panel lalu pilih program, setelah itu uninstall program yang sekiranya tidak berguna dan jarang dipakai.

Matikan fitur startup yang tidak berguna.
Beberapa program yang kamu install akan running/berjalan otomatis ketika windows nyala. Beberapa program yang run ketika start up kadangkala tidak berguna. Untuk mematikan fitur startup yang gak berguna kamu bisa masuk ke Start Menu lalu pilih RUN atau dengan menekan tombol window + R secara bersamaan, kemudian ketik "msconfig". Setelah itu pilih tab menu startup, hapus ceklis/centang startup program yang gak berguna lalu kilk apply.

Gunakan software untuk tweaking komputer kamu.
Banyak software yang bisa meningkatkan kinerja komputer kamu. Diantaranya Tune-Up Utilities dan CCleaner. Dengan software tersebut kita bisa membersihkan file sampah/temp, uninstall program, juga membersihkan kesalahan dan erorr pada registry.

Lakukan defrag Harddisk secara berkala.
Fungsi defragment hard disk adalah untuk mengelompokkan pecahan-pecahan data ke lokasi yang berdekatan sehingga pembacaan data akan lebih mudah dan cepat. Defragmentasi akan memindahkan pecahan-pecahan data pada harddisk kamu yang letaknya berjauhan ke tempat yang berdekatan sehingga menjadi data yang utuh. Cara defrag harddisk sangat mudah, kamu masuk ke start menu > All Programs > Accesories > System Tools kemudian klik Disk defragmenter. Atau kamu juga bisa melakukan defrag harddisk dengan bantuan software TuneUp Utilities.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...