9 Cara Jitu Merakit Komputer Untuk Game !


Merakit komputer menjadi pilihan bagi para gamers untuk mewujudkan keinginannya agar bisa memiliki sebuah komputer yang berkemampuan tinggi. Memang dibutuhkan harga komputer yang mahal bila dibandingkan dengan komputer biasa, namun ini tentu bukan menjadi masalah bagi seorang gamers asalkan kemampuan komputer tersebut bisa menjalankan games kesukaan mereka.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda merakit komputer games supaya nantinya komputer yang anda bangun benar-benar sesuai dengan harapan dan bekerja lebih optimal.

Berikut 9 tips jitu merakit komputer untuk kebutuhan game agar lebih optimal.

1. Processor

Hal pertama dalam merakit komputer untuk kebutuhan game ialah processor. Cari Processor dengan Clock Speed yang tinggi serta mempunyai L Cache besar, L Cache sendiri berguna sebagai jembatan aliran data antara processor dengan RAM.

2. Mainboard

Untuk keperluan games diusahakan memakai mainboard yang memiliki Capacitor Solid. Pemakaian game memaksa komputer untuk bekerja extra, ini membutuhkan daya tahan sebuah capacitor agar pasokan arus listrik ke komponen lain pada mainboard terjaga. Dengan penggunaan solid capacitor juga dapat mewadahi keinginan pengguna dalam proses overclocking.

3. Pilih Mainboard dengan Slot PCI Lebih Banyak

Biasanya komputer games banyak membutuhkan interface multimedia tambahan, misal Sound Blaster Card. Dengan memiliki slot PCI banyak pengguna dapat leluasa menambahkan peripheral yang lainnya. Mainbord jenis ini biasanya berukuran lebih besar, ketika mainboard itu dipasang akan terlihat penuh menempel di casing

4. RAM (Random Access Memory)

RAM yang digunakan untuk sebuah komputer game harus memiliki kapasitas yang besar, selain itu perlu diperhatikan juga dalam kecepatan transfer rate nya. Semakin besar transfer rate akan semakin baik, transfer rate yang cepat ditandai dengan keterangan PC xxx. Misal PC 1066, PC 4200, PC 6400 dll. PC 6400 artinya RAM melakukan transfer dengan kecepatan 6.400 Megabit per detik.

5. Chipset Mainboard

Perlu diperhatikan dalam pemilihan chipset mainboard akan baik hasilnya bila disesuaikan dengan jenis processor. Dari berbagai hasil komparasi benchmark memperliatkan bahwa processor keluaran Intel menghasilkan kinerja yang sangat optimal ketika dipasangkan dengan chipset dari NVDIA dan AMD terasa optimal ketika dipasangkan dengan ATI.

6. Pemilihan Kartu Grafis

Pemilihan Kartu Grafis atau VGA Card sama halnya dengan pemilihan Chipset mainbord. Pemilihan VGA Card akan lebih baik bila disesuaikan dengan jenis Processor

7. Power Supply

Komputer-komputer masa kini sudah dijejali dengan kemampuan multimedia tinggi yang membutuhkan daya lebih besar. Pemilihan Power Supply pun harus bisa memasuk daya yang tinggi pula, dianjurkan memakai Power Supply dengan watt 450 ke atas.

8. Hardisk

Hardisk SATA memiliki kecepatan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan Hardisk jenis ATA, tentunya hardisk SATA menjadi pilihan untuk sebuah komputer game. Pemilihan hardisk harus dengan kecepatan putar yang tinggi pula, rata-rata kecepatan putar hardisk saat ini adalah 7.200RPM dan ini cukup untuk dibenamkan di komputer spek game

9. Pemilihan Casing

Pilihlah casing komputer dengan jenis Tower, ini dapat melancarkan sirkulasi udara di dalam Casing.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel