Cara Membuat Orang Lain Bekerja Untuk Anda !


Dunia pekerjaan memiliki hukum alam layaknya hutan rimba: Ada orang-orang yang kerjanya memburu dan ‘membunuh’, dan banyak yang hidup dari hasil buruan orang lain. Tipe yang kedua ini adalah tipe-tipe orang yang kerap tidak mampu untuk mengimplementasikan faktor-faktor penting dalam bekerja untuk mendapatkan kekuasaan. Namun orang-orang ini memahami, bahwa kalau mereka cukup bersabar, mereka selalu bisa untuk menemukan orang lain yang akan bekerja untuk mereka.

Saat anda sedang menjadi bekerja keras untuk sebuah project, sementara ada manusia-manusia lain di lingkungan anda yang mencoba mencari cara untuk survive dan bahkan ‘memanfaatkan’ kreativitas anda. Tak ada gunanya mengeluh soal ini , karena ada saatnya nanti anda akan membangun your own empire, yang akan memberi efisiensi waktu dan energi anda sendiri.

Seperti teori Robert Green, author dari buku ‘The 48 Laws of Power” yang fenomenal itu, ini adalah salah satu esensi dari ‘hukum’ kekuasaan: Pelajari bagaimana anda bisa membuat orang lain bekerja untuk anda , dan sementara anda mengambil keuntungan dari situ, nantinya anda akan terlihat seperti orang yang kuat dan berkuasa. Jika anda berpikir bahwa bekerja sendirian lebih penting, anda tidak akan bisa melangkah lebih jauh. Cari orang-orang dengan kemampuan dan kreativitas yang tidak anda miliki. Pekerjakan mereka, sementara anda menaruh nama anda diatas mereka. Atau cari cara untuk mengambil cara kerja mereka dan menjadikannya cara anda. Kreativitas mereka akan menjadi milik anda, dan anda akan terlihat jenius. Isaac Newton menyebut ini “standing on the shoulders of giants.”  Dalam proses discovery-nya, ia  membangunnya dari hasil pencapaian orang-orang lain.

Sebagai contoh nyata lain, kita semua tahu bahwa di zaman ini hanya segelintir dari presiden, menteri, atau politisi yang menulis pidato mereka sendiri. Mengapa? Karena kata-kata mereka tidak akan memenangkan suara atau vote dari publik. Kefasihan mereka berpidato adalah hasil kepintaran sang penulis pidato. Orang lain bekerja untuk mereka, sementara mereka memperoleh keuntungan dari situ. Power semacam ini berlaku untuk semua orang. Belajarlah menggunakan knowledge dan anda akan terlihat jenius, walaupun sebenarnya anda hanya seorang clever borrower.

Namun tetaplah selalu waspada bro, karena mengambil keuntungan dari hasil kerja orang lain tidaklah selalu bijak, terutama saat kekuasaan anda belum cukup established. Kuncinya, pintar-pintarlah mengeksploitasi talenta orang lain, serta perkuatlah selalu posisi anda, supaya anda tidak dituduh melakukan penipuan atau kecurangan. Pastikan anda tahu saat mengajak orang lain berbagi keuntungan, itu adalah untuk mencapai tujuan anda, dan jangan menjadi serakah saat masih anda superior di atas anda.
Pada akhirnya, mereka yang membantu anda akan terlupakan dan anda yang akan diingat orang.  Jangan lakukan sendiri hal yang orang lain dapat lakukan untuk anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel