Waspadai Bahaya Wifi Bagi Anak-Anak !


Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa jaringan internet nirkabel seperti wi-fi ternyata dapat membahayakan kesehatan anak-anak di Kanada. Sejumlah anak-anak di negara tersebut mengalami gejala seperti sakit kepala, pusing, mual, dan peningkatan denyut jantung saat berada di dalam jagkauan wi-fi. Para orangtua baru menyadari kalau anak-anak mereka mengalami gejala aneh selama setahun belakangan. Bahkan ada beberapa dari mereka yang mengalami gangguan prestasi di sekolahnya.

Gangguan ini sendiri terjadi karena intensitas gelombang mikro dalam satu ruang kelas di Sekolah County Simcoe ternyata empat kali lebih kuat dari menara ponsel.  Steve Miller menyatakan bahwa dia alergi terhadap jaringan nirkabel. Alergi yang disebabkan oleh sensitivitas elektromagnetik yang diderita Miller membuatnya sakit kepala dan pusing saat berada dalam jangkauan sinyal Wi-Fi. Kendati demikian, beberapa peneliti sedang melakukan investigasi lebih jauh, mengenai bahaya yang timbul oleh sinyal wifi ini. Ternyata, tidak semua orang mengalami gangguan sejenis, kecuali mereka mempunya riwayat penyakit alergi. Tetapi penelitian lain telah membuktikan bahwa paparan elektromagnetik dengan tingkat rendah yang telah direkomendasikan  tidak berpengaruh bagi kesehatan.

Jaringan nirkabel – dikenal sebagai wi-fi atau WLAN (jaringan area lokal nirkabel) – yang semakin banyak digunakan di sekolah-sekolah, kantor dan tempat umum lainnya untuk menghubungkan komputer dan laptop ke internet dengan menggunakan frekuensi radio pemancar dengan tidak perlu kabel kompleks. Di masa mendatang, pusat seluruh kota akan diubah menjadi wi-fi “hot spot”, memungkinkan orang untuk mengakses internet dimanapun mereka berada melalui perangkat genggam, termasuk ponsel.

Beberapa sekolah telah dibongkar jaringan nirkabel mereka setelah lobi dari orang tua khawatir, dan lainnya berada di bawah tekanan untuk mengikuti. Di Austria departemen kesehatan masyarakat Salzburg telah menyarankan sekolah dan taman kanak-kanak untuk tidak menggunakan WLAN atau telepon cordless.  Universitas Lakehead di Ontario, Kanada, yang memiliki 7.400 siswa, telah menghilangkan wi-fi. Menurut  Wakil Rektor, Dr Fred Gilbert,  perangkat canggih ini menunjukkan efek perilaku dan dampak fisiologis pada tingkat, jaringan seluler dan sel bagi siswanya .

Pada bulan September, 30 ilmuwan dari seluruh dunia menandatangani sebuah resolusi yang menyerukan “review penuh yang iliah dan independen tentang bahaya paparan medan elektromagnetik di seluruh dunia.Kelompok ini meminat Pemerintah di bebera penjuru dunia untuk melaksanakan penelitian dampak kesehatan radiasi elektromagnetik”.

Hingga saat ini belum ada penelitian khusus melihat efek dari jaringan nirkabel pada kesehatan manusia. David Dean, 43, seorang anggota dewan di Merton, London Selatan, dan direktur sebuah perusahaan penerbitan, menggambarkan dirinya sebagai antena manusia. “Saat saya pergi ke rumah orang, saya tahu apakah mereka memiliki wi-fi karena kepala saya mulai buzz. Saya harus meninggalkan pekerjaan terakhir saya karena saya tidak bisa berdiri selama lebih dari sepuluh menit di kantor dan bos saya tidak akan menghapus wi-fi. Jantungku berpacu, aku mendapat penglihatan ganda dan sakit kepala benar-benar buruk. Rasanya seolah-olah kepala saya di kunci lengan. Dua kali saya telah ke rumah-rumah di mana anak-anak menjerit monster. Setelah saya menyarankan kepada orang tua bahwa mereka mematikan jaringan selama dua hari, anak-anak itu berubah. “

Kecemasan tentang bahaya wi-fi telah difokuskan pada pengaruh radiasi elektromagnetik pada anak-anak karena mereka memiliki tengkorak yang lebih tipis,  sistem saraf kurang berkembang sempurna dan akan menjalani seumur hidup paparan ke ponsel teknologi. Dalam laporannya, Profesor Sir William Stewart, ketua Health Protection Agency (HPA), mengakui bahwa radiasi di bawah tingkat yang direkomendasikan, sementara dianggap aman, mungkin memiliki efek pada tubuh. Karena itu ia menganjurkan pendekatan pencegahan, termasuk pemantauan dekat radiasi dari tiang-tiang di dekat sekolah dan rekomendasi bahwa sinar intensitas terbesar dari mast tidak harus jatuh dalam dasar sekolah.

“Emisi dari jaringan nirkabel sangat mirip dengan mereka yang berasal dari BTS ponsel dalam hal frekuensi dan modulasi sinyal,” kata Philips, pimpinan sebuah perusahaan yang menjual detektor radiasi elektromagnetik dan blocker. “Banyak laporan yang diterbitkan telah menunjukkan ganmgguan kesehatan tampaknya terpengaruh bila berdekatan dengan tiang-tiang telepon selular. Dalam studi Latvia dari 966 anak-anak, fungsi motorik, memori dan perhatian secara signifikan lebih buruk dalam kelompok terkena radiasi dari lokasi stasiun radio yang berdenyut. Tingkat paparan yang rendah, tetapi serupa dengan yang anak-anak di kelas dengan WLAN yang akan terkena. “

Dr Michael Clark, dari HPA, mengatakan penelitian diterbitkan pada ponsel dan tiang tidak menambahkan hingga satu dakwaan wi-fi. “Semua ahli review dilakukan di sini dan di luar negeri menunjukkan bahwa tidak ada resiko bahaya kesehatan dari jaringan nirkabel,” katanya. “Beberapa Studi pada tiang-tiang telepon selular yang muncul dalam peer-review jurnal yang mengaku mengamati efek kesehatan sama sekali tidak bermakna.  “Ketika kita telah melakukan pengukuran di sekolah, eksposur khas dari wi-fi sekitar 20 sepersejuta tingkat pedoman internasional paparan radiasi. Sebagai perbandingan, seorang anak pada ponsel menerima sampai 50 persen dari tingkat pedoman. Jadi satu tahun duduk di kelas dekat sebuah jaringan nirkabel secara kasar setara dengan 20 menit di ponsel. Jika wi-fi harus diambil keluar dari sekolah, maka jaringan telepon selular harus dimatikan, juga – dan radio FM dan TV, sebagai kekuatan sinyal mereka adalah sama dengan yang dari wi-fi di ruang kelas “.

Philips tidak meyakinkan: “panduan pemaparan radiasi elektromagnetik di Inggris yang dirancang untuk melindungi terhadap efek bahaya radiasi. Mereka tidak dimaksudkan untuk melindungi terhadap paparan jangka panjang untuk tingkat rendah gelombang mikro, seperti laptop saat men-download. Kami percaya bahwa ini mengganggu sistem sendiri normal tubuh internal sinyal listrik dan elektro-kimia, menyebabkan masalah kesehatan yang serius, dan pertumbuhan anak-anak mungkin lebih terpengaruh daripada orang dewasa, sel-sel yang tidak berubah sebagai cepat. “

Salah satu masalah dalam melakukan penelitian adalah bahwa tidak semua orang dipengaruhi oleh radiasi elektromagnetik dalam cara yang sama. “Sebuah badan, tumbuh konsisten sastra menunjukkan bahwa subkelompok populasi tampaknya menderita gejala menyedihkan bila terkena jenis radiasi,” kata Dr Elizabeth Cullen, dari IDEA. gangguan tidur, depresi, penglihatan kabur, jantung dan masalah pernapasan, mual dan sakit kepala.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel