Cara Mengatasi Goresan di Body Mobil !



Transportasi merupakan salah satu hal wajib yang sangat menunjang dalam kehidupan sehari-hari. Layanan transportasi publik bisa ditemukan di berbagai tempat, tetapi peminat kendaraan pribadi untuk dukungan transportasi sehari-hari masih saja tinggi di negeri ini. Lihat saja jenis mobil Toyota Avanza yang merupakan mobil untuk kelas menengah, akan muncul setiap menit di jalanan ibukota. Mobil ini memang menjadi mobil yang paling laris dibeli oleh masyarakat luas karena harganya yang cukup terjangkau dengan fungsi yang cukup mumpuni terutama untuk mobil keluarga.
Jika mengesampingkan keadaan pelayanan transportasi publik di Indonesia yang tidak begitu baik di berbagai tempat termasuk di ibukota, tingginya permintaan dan penggunaan mobil pribadi berkaitan dengan mobil yang merupakan salah satu faktor yang mendukung kebanggaan seseorang. Tentu penampilan mobil menjadi perhatian utama bagi mereka yang menganggap mobil pribadi sebagai kebanggaan.

Goresan kecil saja pada permukaan cat mobil membuat banyak orang kalang kabut, terlebih goresan dalam yang mengenai logam. Berikut ini merupakan tips mudah untuk mengatasi goresan pada permukaan mobil.

Goresan ringan yang berupa lecet pada permukaan cat mobil bisa saja disebabkan oleh ketidaksengajaan. Goresan kuku atau kerikil ketika mobil berkendara atau bahkan saat mencuci mobil akan menyebabkan lecet yang tidak begitu terlihat dan parah, tetapi pemilik mobil tentu tidak akan membiarkan goresan tersebut tertinggal lama di permukaan mobil. Pemilik mobil tidak perlu khawatit jika goresan tersebut tidak melewati lapisan cat pada permukaan kendaraan karena goresan tersebut bisa dengan mudah dihapus oleh tangan. 

Penghilang goresan atau semprotan wax bisa dituangkan pada bantalan mikro fiber untuk kemudian digosok berulang-ulang pada area yang mengalami goresan. Setelah itu, hasil bisa dilihat dengan pemakaian handuk mikro fiber bersih. Proses penggosokan perlu diulang kembali jika goresan masih tampak. Ketika goresan sudah mulai tampak samar, car polish perlu dipoleskan ke permukaan bekas goresan tersebut sehingga permukaan mobil akan lebih berkilau.
  • Goresan sedang; Jenis goresan ini akan menyentuh lapisan cat dasar pada permukaan mobil dan penggosokan tidak akan menghilangkan jenis goresan ini. Dua macam sentuhan cat perlu diaplikasikan untuk menutupi dan memperbaiki permukaan yang tergores. Sebelum mengaplikasikan cat Touch-Up, permukaan yang tergores perlu dibersihkan serta dihaluskan untuk kemudian mengaplikasikan grease remover dan wax terlebih dahulu.
  • Goresan dalam; Goresan disebut dalam jika sampai pada lapisan dasar logam dan untuk menanganinya, amplas dan cat perlu diaplikasikan. Mula-mula bagian yang tergores dihaluskan dengan amplas dengan ketebalan 800-1000 grit kemudian lapisan primer tipis bisa diaplikasikan, kemudian harus diamplas kembali dengan ketebalan 1.200 grit. Beberapa lapis penyemprotan cat dan tampahan thinner akan mengembalikan kesempurnaan permukaan mobil.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arsip Artikel