Pisang Bisa Meredakan Amarah !



Makanan tidak hanya bisa dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan perut saja. Banyak sekali fungsi makanan selain untuk mengobati rasa lapar pada manusia. Salah satu yang menarik adalah buah pisang, buah pisang ini diketahui mampu meredakan amarah. Bukan tanpa alasan jika pisang bisa membantu menurunkan amarah atau emosi dan meningkatkan mood baik pada manusia. Dari hasil penelitan, riset dan bahkan dari pengalaman sehari-hari yang telah dibuktikan kebenarannya.

Marah merupakan salah satu ungkapan emosi pada manusia dalam artian negatif. Banyak sekali faktor yang dapat memancing atau menyebabkan manusia menjadi marah. Ada faktor dari luar dan ada juga faktor dari dalam. Faktor dari dalam, misalkan karena seseorang sedang banyak masalah, atau kurang cukup istirahat (tidur), ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab amarah. Sedangkan faktor dari luar, misalnya ada orang yang membuat tidak senang. Namun itu hanya sebagian kecil penyebab marah, masih banyak lagi faktor yang bisa menyebabkan manusia menjadi marah.

Pada kesempatan kali ini tidak akan dibahas mengenai penyebab marah, melainkan lebih pada membahas " makanan yang bisa meredakan amarah ". Meskipun tidak mutlak makanan-makanan ini bisa menurunkan dan meredakan amarah secara pasti. Tapi setidaknya makanan-makanan berikut bisa membantu menurukan amarah dan meningkatkan mood.

Berikut beberapa makanan yang bisa meredakan amarah :

1. Pisang
Pisang merupakan sumber triptofan yang sangat baik dan membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Sarapan pisang dapat mencegah Anda mengalami rasa lapar dan kelesuan sebelum makan siang. Selain itu, pisang juga kaya karbohidrat yang diperlukan untuk penyerapan triptofan.

2. Kacang almond
Almond banyak mengandung asam amino triptofan. Kacang ini hadir dalam daftar makanan yang memiliki tingkat tertinggi asam amino. Ketika makan almond, triptofan masuk ke otak dengan cepat dan tingkat serotonin meningkat, sehingga bisa menjauhkan amarah.

3. Keju
Keju adalah sumber yang kaya protein, asam amino esensial triptofan dan karbohidrat. Dengan  demikian, keju membantu meningkatkan mood dan menghilangkan sifat mudah tersinggung dan mudah marah.

4. Jus jeruk manis
Segelas jeruk manis juga bisa menjadi peredam amarah. Campuran gula dalam perasan jeruk membuat batas-batas kesabaran lebih longgar dari yang seharusnya, sehingga berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel