Cara Mengajar Anak Agar Aktif !


1.    Beri dia ruang untuk bergerak
Anak bisa saja tetap nempel di dekapan Anda karena mereka tidak punya ruang untuk bermain.  Rumah pasti punya ruang untuk bermain, tetapi Anda merasa tidak aman untuk meninggalkan mereka, dan akhirnya mereka terus nyaman di lengan Anda.

Sediakan ruang yang bersih dan aman untuk bermain bagi anak. Singkirkan barang-barang yang mungkin membahayakan atau mudah rusak.

2.    Sediakan beberapa mainan
Anak-anak sama seperti orang dewasa, mereka juga dapat merasa bosan dengan satu mainan. Seiring pertambahan usia, mereka ingin bereksperimen lebih banyak. Sediakan tambahan mainan mereka. Mainan sebaiknya bervariasi, tidak harus mahal, tetapi aman dipakai.

3.    Ikut main dan berbicaralah padanya
Tidak semua anak-anak tertarik pada mainan saat pandangan pertama. Mulailah dengan cara. Buatlah mereka tertawa, dan Anda tertawa saat melakukan permainan. Ini merupakan kiat untuk mencuri hati mereka. Selanjutnya serahkan pada anak. Namun tetaplah terlibat. Bahasa verbal maupun non-verbal sangat baik untuk mengisi permainan ini.

4.    Biarkan ia mandiri
Setelah sesi ini selesai, biakan ia mandiri atau bermain dengan anak lain. Tetapi  ia tetap dalam pengawasan Anda.

Disamping beberapa poin di atas, anak juga perlu ruang yang berbeda. Semakin banyak pengalaman mereka terlibat dalam bermain, semakin besar pula percaya diri dan kemandirian mereka kelak.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel