Berbagai Jenis Behel Gigi !

Pernah mendengar istilah bracket? mungkin masih aneh jika mendengar istilah tersebut. Tapi jika mendengar istilah behel gigi / kawat gigi mungkin kita lebih mengenal dengan benda yang satu ini. Sebenarnya apa sih kawat gigi itu dan apa saja jenisnya? jika ingin tau yuk kita bahas bersama.

Kawat gigi atau yang lebih kita kenal dengan behel gigi adalah alat kesehatan gigi yang fungsinya untuk mengatur ulang struktur gigi yang tidak rata yang bisa diakibatkan kecelakaan atau bawaan dari lahir. Prinsip dasarnya adalah menarik gigi ke posisi yang baik agar senyum menjadi lebih indah / enak dipandang.

Jenis kawat gigi ada 2 macam :
1. Kawat gigi lepasan, yaitu jenis kawat gigi yang bisa dibuka dan dipasang kembali dengan mudah.
2. Kawat gigi permanen, yaitu kawat gigi yang tidak bisa dilepas hingga proses pembentukan susunan gigi selesai.

Jika Anda atau anak Anda masih dalam masa pertumbuhan usia 6 - 10 tahun, sebaiknya menggunakan kawat gigi jenis lepasan. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada usia diatas 20 tahun dengan syarat gigi yang dibenarkan masih dalam tahap atau kondisi ringan dan tidak memungkinan untuk melakukan pencabutan gigi geraham kecil (gigi setelah gigi taring). Pemasangan kawat gigi lepasan akan lebih maksimal jika dilakukan pada anak-anak atau dalam masa gigi susu karena pada saat itu rahang masih dapat tumbuh dengan sempurna.

Jika Anda atau anak Anda sudah dalam masa dimana gigi susu sudah tanggal semua (kira-kira 12 tahun keatas), berarti kawat gigi permanen merupakan pilihan yang sangat tepat. Karena pada masa itu perkembangan rahang sudah maksimal sehingga biasanya dokter gigi akan memberikan saran untuk pemasangan kawat gigi permanen.

Jenis kawat gigi permanen dibagi lagi menjadi 2 macam, menurut bahan dasar pembuatan kawat gigi.
A. Kawat gigi yang terbuat dari logam stainless stell (SS)/ Metal braket

Macam+-+Macam+Behel+Gigi+logam

Kawat gigi jenis ini, terbuat dari SS dan lebih dering digunakan karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya tidak berkarat,kuat tahan lama dan harga yang lebih terjangkau

B. Kawat gigi Porcelain/keramik/Transparan braket
 
Macam+-+Macam+Behel+Gigi+transparan

Kawat transparan yang terbuat dari bahan composite, memang paling kuat, Kawat gigi porcelain biasanya digunakan untuk trend/fashion gaya terutama oleh anak-anak remaja, karena warnanya transparan sehingga estetika lebih baik dibandingkan dengan braket metal. 

Semoga sedikit pengetahuan ini mengenai behel gigi, bisa menambah pengetahuan Anda dalam melakukan perawatan gigi dan mulut. Sehingga Anda bisa tampil sehat dan mempesona.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel