Pentingnya Mewaspadai Nyeri yang Tidak Biasa

NYERI sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Nyeri adalah respons alami tubuh yang menunjukkan proteksi terhadap gangguan yang berpotensi membahayakan tubuh kita. Namun, tidak sedikit nyeri yang kita rasakan adalah pertanda dari masalah serius.

"Prinsip nyeri terkadang menjadi warning sign atau tanda peringatan. Kalau nyeri tertentu yang tidak pernah dirasakan sebelumnya muncul, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apakah itu peringatan ringan atau serius," kata neurolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya, Jimmy Barus.

Sebagai contoh nyeri di kepala dengan intensitas berat diikuti kejang atau kelemahan sisi tubuh itu, harus dikonsultasikan karena bisa jadi stroke. Lainnya seperti sakit punggung diikuti kesulitan berkemih, bisa jadi ada masalah dengan saluran kencing. Atau nyeri punggung kronik, pada lansia dengan masalah osteoporosis, diikuti kelemahan bertahap bisa jadi karena ada tulang yang patah, Jimmy menyontohkan.

"Untuk pertolongan pertama nyeri tidak biasa bisa dikasih dulu obat penghilang rasa sakit di warung. Kalau nyeri berulang atau memburuk, segera temui dokter. Nyeri di dalam tubuh, khususnya, memang agak susah karena bisa bermanifestasi tidak spesifik, sehingga kita tidak menyadari ini bahaya atau tidak," tambahnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel