5 Kebiasaan Yang Bisa Redakan Alergi !

Jangan dikira dengan berada di dalam rumah, segala sesuatunya sudah terjamin aman daripada di luar. Sekitar 40% anak-anak menderita alergi akibat kondisi di dalam ruangan seperti butiran debu, bulu binatang peliharaan, ataupun lumut. Apakah anak Anda termasuk salah satunya? Jika iya, tak perlu panik, karena ada cara untuk mengatasinya.

Dalam parenting.com, Sonal Patel, M.D., seorang dokter anak spesialis alergi, memberikan tips ampuh untuk membantu anak ibu bernafas lebih lega lagi.

1. Ganti sprei secara rutin
Pakai sprei untuk kasur, bantal dan guling yang nyaman. Cuci sprei seminggu sekali, atau maksimal sebulan sekali, dengan air hangat. Dengan mengganti sprei secara rutin, anak akan terhindar dari butiran debu sebanyak 80%.

2. Bersihkan karpet
Bersihkan karpet dirumah Anda terutama yang ada dikamar anak, jika ada, seminggu sekali dengan menggunakan vacuum cleaner. Kalau Ibu sudah selesai membersihkan karpet, suruh anak untuk tetap di luar kamar selama 30 menit, agar tidak terkena sisa debu yang ada di udara. Selain itu, Ibu bisa juga mencucikannya di laundry sebulan sekali.

3. Jauhkan hewan peliharaan dari kamar anak
Anak biasanya berada di kamarnya sekitar 9-10 jam. Jadi sebaiknya hewan peliharaan tidak masuk ke kamarnya untuk menghindari rambut hewan yang menempel di kasur ataupun penyakit yang dibawa si hewan dan membuat anak Anda alergi.

4. Bersihkan lumut
Bersihkan kamar mandi dan tempat lembap lainnya. Pastikan agar ruangan tersebut mendapatkan ventilasi yang cukup.

5. Bersihkan tempat masak
Bersihkan tempat masak Anda agar tidak ada serangga atau tikus yang datang ke tempat kotor itu.

Jika lingkungan terjaga, kesehatan tubuh pun ikut terjaga. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel