Manfaat Ikan Teri Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan !

Ikan teri merupakan salah satu makanan yang paling terkenal di Indonesia. Rasanya yang khas, mudah ditemui, dan harganya yang relatif murah membuat orang-orang gemar mengkonsumsinya. Teri atau yang lebih dikenal dengan anchovies di luar negeri sering dipakai untuk memperkuat rasa sambal, salad, tambahan pada pasta, dan bahkan pizza. Namun siapa sangka, ternyata dalam kemasannya yang kecil-kecil tersebut, teri memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dalam 20 gram ikan teri mengandung 26 kalori dan 4 gram protein, atau dengan kata lain 7% dari kebutuhan gizi per hari bagi pria dan 9% bagi wanita. Teri juga mengandung omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak dan tulang anak. Sementara bagi orang dewasa, minyak ikan ini baik untuk kesehatan jantung.

Seperti dikatakan sebelumnya ikan teri baik untuk pertumbuhan tulang karena mengandung magnesium sebesar 2% kebutuhan gizi perhari, 3% kalsium, dan 5% fosfor. Ketiga mineral inilah yang mampu memperkuat tulang. Kalsium juga dapat memperlancar peredaran darah sehingga memperkecil potensi serangan jantung. Dalam 20 gram ikan teri terkandung 4% vitamin B-12 dan 2% of vitamin B-6.

Vitamins B-12 dan B-6 juga dapat mencegah penyakit pada jantung dan merendahkan kolesterol. Apabila kita berbicara mengenai tulang, maka didalamnya termasuk mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang.

Teri juga kaya akan zat besi. Dalam 20 gram terkandung 12% kebutuhan zat besi perhari. Zat besi berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh dan membantu sel-sel untuk memproduksi energi serta membantu sel darah putih membunuh bakteri dalam tubuh.

Namun, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi teri setiap hari karena akan menimbulkan efek samping. Pada ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi 5 gram/100 gram makanan yang dimakan setiap hari dan lebih lebih dari dua kali dalam seminggu.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel