Pentingnya Imunisasi Untuk Orang Dewasa

IMUNISASI atau vaksinasi tidak hanya penting untuk anak-anak. Orang dewasa juga perlu untuk diberi vaksinasi untuk mencegah infeksi menular, terlebih karena kekebalan orang dewasa mulai menurun seiring penuaan.

"Antibodi tubuh akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, mulai remaja usia 19 tahun dan orang dewasa membutuhkan vaksin," ujar Dr dr Iris Rengganis, SpPD, KAI, FINASIM, dari Satuan Tugas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) di Jakarta.

Penyakit seperti hepatitis, herpes zoster, kanker ovarium, kutil kelamin, meningitis yang mengancam banyak orang di dunia bisa dicegah dengan vaksinasi. Meskipun di Indonesia sifatnya masih berupa pilihan dan sporadis, vaksinasi untuk orangtua dapat meningkatkan kualitas dan harapan hidup seseorang.

"Vaksin adalah cara pencegahan penyakit yang efektif, membuat kita tetap sehat, umur lebih panjang. American Society of Internal Medicine di Atlanta mengungkapkan, imunisasi pada orang dewasa dapat mencegah kematian sepuluh kali lipat dibanding pada anak," kata dokter dari Divisi Alergi Imunologi Klinik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI tersebut.

Namun, ia menyayangkan bagaimana vaksinasi dewasa masih sangat kurang diperhatikan. Beberapa hambatan yang masih ditemukan adalah keraguan masyarakat tentang keamanan vaksinasi, ganti rugi yang tidak memadai (karena harga sejumlah vaksin yang terbilang mahal), dan pemahaman tentang vaksin itu sendiri.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris