Cara Tumbuhan Melindungi Diri dari Musuhnya !


Tumbuhan memiliki bagian tubuh yang berguna untuk melindungi diri. Bagian tubuh
setiap tumbuhan tersebut berbeda-beda. Beberapa cara tumbuhan melindungi diri dari musuhnya, antara lain ::
a. Tumbuhan Bambu
Tumbuhan bambu dalam melindungi diri dari musuhnya yaitu menggunakan rambut-rambut halus yang menempel pada tubuhnya. Bila rambut-rambut halus tersebut tersentuh atau menempel pada tubuhnya musuhnya dapat menyebabkan gatal-gatal di kulit.

b. Tumbuhan Batang Berduri (Salak, Bunga Mawar, dan Putri Malu)
Tanaman salak, bunga mawar, dan putri malu mempunyai duri. Duri ini untuk melindungi diri dari musuhnya. Duri tersebut dapat melukai hewan yang mencoba mengganggunya.

c. Tumbuhan Batang Bergetah (Nangka, Pohon Karet, dan Bunga Kamboja)
Jenis-jenis tumbuhan tersebut mampu mengeluarkan getah. Getah dapat menempel ke tubuh hewan yang mengganggunya. Getah yang menempel menyebabkan hewan sulit bergerak. Dengan demikian, tumbuhan tersebut terhindar dari gangguan hewan.

d. Tumbuhan Buah Berduri  (Durian)
Kulit buah durian memiliki duri yang sangat tajam. Duri ini sebagai alat pertahanan diri dari musuhnya. Adanya kulit berduri ini membuat biji yang berada di dalam buah terlindung. Biji pada buah durian dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan.

e. Tumbuhan Belimbing
Buah belimbing saat masih muda terasa pahit dan sepat. Oleh karena itu, tidak ada hewan yang memakan buahnya. Dengan demikian, biji di dalam buah belimbing terlindungi. Biji ini digunakan sebagai alat perkembangbiakan.

Artikel Terpopuler

Arsip Artikel