6 Kegiatan Yang Mengasah Otak !


MESKIPUN menghitung adalam rumus yang rumit merupakan hal yang bisa dibilang membuat pusing, tapi kegiatan yang menjengkelkan tersebut merupakan salah satu cara untuk membuat otak tetap tajam dan fokus loh. Nah, selain kegiatan berkutat dengan angka, ada beberapa kegiatan lainnya yang baik untuk otak.

1. Bidang seni. Tidak hanya kegiatan yang banyak menggunakan angka. Kesenian juga bisa menjadikan otak Anda tetap fokus. Seni akan membantu meningkatkan seluruh bagian otak Anda karena menuntut untuk kreatif, menggunakan motorik halus, dan berpikir secara analisis.

2. Belajar bahasa asing. Selain meningkatakn kosakata baru, mempelajari bahasa asing juga akan mempertajam memori Anda. Saat Anda harus mempelajari dan menghapalnya, otak Anda akan bekerja lebih baik.

3. Sesekali gunakan tangan non dominan. Jika Anda mengandalkan tangan kanan untuk beraktivitas, sesekali gunakan tangan kiri dalam hal tugas yang membutuhkan konsentrasi. Misalnya, Anda bisa membuat beberapa gambar ruang dengan tangan kiri atau sebaliknya. Hal ini dimaksudkan untuk mengaktifkan ruang otak yang kurang berfungsi.

4. Dengarkan lagu favorit. Jangan takut dianggap aneh jika Anda hanya mendengarkan lagu yang itu-itu saja. Mendengarkan lagu kesukaan berulang-ulang akan membantu otak untuk lebih mendalami lagu secara keseluruhan. Dan hal tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan otak dengan cara menghapal lirik dan juga irama.

5. Bermain video game. Saat waktu santai, Anda bisa bermain video game. Pilih jenis permainan yang membutuhkan penalaran yang sedikit rumit dan pemecahan masalah dengan konsentrasi ekstra.

6. Hindari menggunakan daftar belanjaan. Untuk mengasah daya ingat, hindari menggunakan daftar rincian barang saat Anda berbelanja. Meski awalnya rumit, langkah tersebut akan membuat pikiran Anda menjadi aktif.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arsip Artikel